Unit Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak

Pelaksanaan Program Kegiatan Inovasi URC-PPA

Menjawab rendahnya serapan anggaran dan potensi sulitnya akses layanan bagi korban kekerasan , diperlukan sebuah inovasi layanan yang proaktif, mudah diakses, dan terintegrasi.

Model yang diusulkan

  • Menggabungkan layanan "jemput bola" yang proaktif dengan platform pengaduan digital yang aman dan terpusat.

  • Memanfaatkan mobil operasional yang Sudah ada

Mekanisme Implementasi

Komponen Proaktif :

  • Mengoperasikan   "mobil layanan" (Molin) yang dimodifikasi khusus untuk URC-PPA.

  • Mobil ini tidak pasif menunggu laporan, melainkan secara terjadwal mengunjungi pusat-pusat keramaian dan komunitas di berbagai kecamatan (pasar, sekolah, pusat desa).

  • Tim di dalamnya—terdiri dari psikolog, paralegal, dan pekerja sosial—aktif melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan, menyediakan ruang konseling privat di tempat, dan memberikan edukasi.

Komponen Reaktif :

  • Membangun satu pintu layanan pengaduan yang mudah diingat dan diakses oleh seluruh masyarakat, yaitu melalui nomor WhatsApp : 085750845550 dan,melalui Website https://dinsospppabengkayang.id. yang bisa di akses melaui HP. 

  • Setiap laporan yang masuk akan diverifikasi dan segera ditindaklanjuti oleh tim URC-PPA Kabupaten untuk melakukan penjangkauan, pendampingan ke kepolisian, fasilitasi layanan kesehatan (visum), hingga rujukan ke Rumah Aman.

Jejaring Rujukan yang Terintegrasi:

  • Sistem ini didukung oleh protokol dan jejaring rujukan yang jelas dan terintegrasi secara digital antara URC-PPA, kepolisian (Unit PPA), puskesmas, rumah sakit, dan lembaga bantuan hukum yang menjadi mitra.